Kamis, 10 Oktober 2024

Penguatan Belajar Calistung Banpem Literasi, Ajak Anak Kelas Prasekolah Senang Berada di Taman Bacaan

Sebagai bagian dari penguatan literasi masyarakat, TBM Lentera Pustaka siang ini menggelar "Penguatan Belajar Calistung" yang diikuti 40 anak-anak usia KElas PRAsekolah (KEPRA) di Bogor (10/10/2024).  Event ke-2 dalam Banpem Komunitas Penggerak Literasi tahun 2024 dari Badan Bahasa Kemdikbud RI ini, menghadirkan narasumber Kak Mega (Wali Baca dan Mahasiswa Bogor) dan moderator Kak Zhia (Wali Baca). Selain menonton video edukatif, semua anak diajak bermain bersama sambil belajar baca tulis hitung dengan gembira.

 

Penguatan belajar calistung ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang ramah anak sehingga membuat taman bacaan kian semarak. Menjadikan taman bacaan yang akrban dengan anak-anak. Maka wajar. anak-anak Kelas PRAsekolah di TBM Lentera Pustaka terus bertambah karena dampak positif yang diperoleh anak-anak secara langsung. Dari belajar menggunakan media gambar, menonton video, diajak untuk aktif berbicara atau sekadar ber-ekspresi sambil bernyanyi.

 

Dan yang paling penting, di TBM Lentera Pustaka, anak-anak yang belajar selalu diajak dalam kondisi asyik dan menyenangkan. Agar taman bacaan memainkan peran sebagai tempat yang ramah anak-anak, sekaligus membangun aktivitas literasi yang lebih berkualitas.

 

“Anak-anak kelas prasekolah di sini belum SD tapi sudah dibekali belajar calistung. Diajarkan aktualisasi diri dan sopan santun. Penting banget, taman bacaan bisa jadi tempat belajar yang menyenangkan sehingga anak-anak antusias ke taman bacaan. Inilah manfaat Banpem Literasi, pengalaman literasi masyarakat semakinn dikuatkan” ujar Kak Mega, narasumber Pembelajaran Calistung di Bogor hari ini.

 


Seperti diketahui, TBM Lentera Pustaka selama sebulan penuh menyelenggarakan Festival Literasi BACA EUY sebagai implementasi Banpem Komunitas Penggerak Literasi tahun 2024 dari Badan Bahasa Kemdikbud RI yang melibatkan 400 warga dan anak-anak usia sekolah. Festival Literasi BACA EUY berlangsung dari 6 - 27 Oktober 2024 yang meliputi program: 1) penguatan literasi masyarakat dan 2) penguatan komunitas literasi.

 

Festival Literasi BACA EUY, TBM Lentera Pustaka menghadirkan 8 (delapan) program andalan dengan narasumber dari berbagai kalangan untuk memperkuat literasi masyarakat dan komunitas penggerak literasi. Nantikan event ke-3 Festival Literasi BACA EUY, yaitu “Pelatihan Menulis untuk Taman Bacaan” sebagai keterampilan penting pegiat literasi yang akan diikuti 30 relawan dan mahasiswa pada Sabtu, 12 Oktober 2024. Dan event ke-4 Penguatan Kemampuan Dongeng yang diikuti 50 anak usia sekolah dan event ke-5 Penyuluhan Ayo Membaca untuk Kaum Ibu yang diikuti 70 ibu-ibu pada Minggu, 13 Oktober 2024. Salam literasi #BelajarCalistung #TBMLenteraPustaka #BanpemLiterasi #BadanBahasa #KomunitasPenggerakLiterasi

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar