Minggu, 08 September 2024

HimaSkap dan BEM Faperta IPB Apresiasi Kerjasama Sosial bersama TBM Lentera Pustaka Bogor

Sebagai mitra kolaborasi, HIMASKAP dan BEM Faperta IPB memberikan apresiasi kepada TBM Lentera Pustaka atas kerjasama sosial lingkungan yang berjalan sepanjang tahun 2024 ini. Ditandai dengan menggelar even bertema “Kreasi Tanaman Hias bersama Anak TBM” di TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor kemarin (8/9/2024), Gozhi Maulana (Ketua BEM Faperta IPB) dan Ghafarrahim Azadirachta Ardhi (Ketua Himaskap) menyerahkan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di hadapan 80-an anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka.

 

Setelah sembilan penuh bersinergi di tahun 2024, Himaskap dan BEM Faperta IPB menutup aktivitas sosial terakhirnya di TBM Lentera Pustaka. Dikarenakan di akhir tahun ini akan melakukan mubes pergantian pengurus BEM Faperta IPB. Patut diketahui, BEM Faperta IPB sudah 4 tahun terakhir menjadikan TBM Lentera Pustaka sebagai mitra pengabdian masyarakat dan sosial lingkungan, dengan melakukan aktivitas sesuai disiplin ilmunya minimal sebulan sekali. Tidak kurang dari 140 mahasiswa dari berbagai Hima prodi di Faperta IPB terlibat seperti Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Arsitektur Lanskap, Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan.

 

“Kami berterima kasih kepada TBM Lentera Pustaka yang telah bekerjasama sebagai tempat pengabdian sosial lingkungan BEM Faperta IPB selama ini. Anak-anaknya banyak dan antusias, pengurusnya selalu memfasilitasi. Semoga sinergi yang sudah terjalin selama ini ini bisa diteruskan oleh pengurus BEM Faperta IPB pengganti kami nantinya” ujar Gozhi Maulana, Ketua BEM Faperta IPB dalam sambutannya.

Pada event terakhirnya, anaka-anak TBM Lentera Pustaka diajarkan membuat kkreasi tanaman hias bersama mahasiswa Himaskap Faperta IPB. Selain untuk memacu kreativitas anak-anak TBM, kegiatan ini juga diharapkan mampu memberi motivasi anak-anak untuk semakin rajin membaca buku di taman bacaan. Membangun suasana di tamann bacaan yang asyik dan menyenangkan.

 

Melalui kerjasama dengan BEM Faperta IPB, TBM Lentera Pustaka menegaskan akan terus mendukung aktivitas sosial yang dilakukan mahasiswa, termasuk komunitas dan lembaga yang memiliki kepedulian sosial. Seperti sebelumnya, aktivitas CSR yang digelar oleh Bank Sinarmas, Yayasan Tzu Chi Indonesia, MNC Sekuritas, dan MNC Peduli. Bahkan di September ini, TBM Lentera Pustaka telah dipilih menjadi tempat aktivitas CSR untuk Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2024 oleh Chubb Life. Untuk melalukan edukasi terkait penyuluhan keuangan bagi 50 kaum ibu dan 50 anak TBM Lentera Pustaka pada Kamis, 12 September 2024. Selian itu, 15 anak TBM Lentera Pustaka pun mendapat undangan khusus untuk hadir di Festival Literasi (Budaya) Nusantara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional RI pada 14 September 2024 sekaligus melakukan kunjungan ke Perpusnas RI.

 


 

Pada tahun 2024 ini, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Slaak Bogor juga terpilih menjadi salah satu calon penerima Banpem Komunitas Penggerak Literasi dari Badan Bahasa KemdikbudRistek RI. Melalui Banpem Komunitas Literasi ini, TBM Lentera Pustaka akan menggelar serangkaian aktivitas Penguatan Literasi Masyarakat, seperti 1) Read Aloud, 2) Berdongeng di Taman Bacaan, 3) Belajar baca tulis — GErakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA), 4) Belajar Calistung Anak Kelas Prasekolah, 5) Praktik Mengetik Komputer (Literasi Digital), 6) Penyuluhan Literasi kaum Ibu, dan 7) MOtor BAca Keliling (MOBAKE) dan kegiatan Penguatan Komunitas Penggerak Literasi, yang mencakup 1) Diskusi Semangat Kerelawanan, 2) Pelatihan Menulis Taman Bacaan untuk Relawan, 3) Diskusi Zona Baca, dan 4) Penguatan Medsos TBM. Tidak kurang dari 250 pengguna layanan dari 4 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajadi, Sukajaya Kec. Tamansari Kab. Bogor) akan terlibat, di samping para narasumber dan relawan. Tujuannya, untuk meningkatkan peran taman bacaan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan gerakan litrerasi di Indonesia. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #BEMFapertaIPB #KomunitasPenggerakLiterasi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar