Sabtu, 28 Oktober 2023

Yatim dan Jompo Binaan TBM Lentera Pustaka, Seperti Apa?

Bila ada taman bacaan yang selalu menggelar pengajian yatim dan jompo binaan secara rutin setiap bulan, salah satunya adalah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Sejak berdiri tahun 2017, taman bacaan yang didirikan Syarifudin Yunus, Dosen FBS Unindra dan Direktur Eksekutif Asosasi DPLK ini selalu menyantuni anak-anak yatim binaan melalui program YAtim BInaan (YABI). Bahkan 4 anak yatim diantaranya dibeasiswai agar tetap dapat melanjutkan sekolah. Sedangkan program JOMBI (JOMpo BInaan) dimulai tahun 2019. Saat ini TBM Lentera menaungi 15 anak yatim binaan dan 12 kaum jompo yang setiap bulan disantuni melalui pengajian bulanan.

 

Seperti yang dilakukan pada Sabtu (28/10/2023) sore, pengajian bulanan yatim dan jompo binaan digelar sebagai bentuk kepedulian sosial taman bacaan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, di samping memberi nasihat kebaikan sebagai pengganti ”sosok ayah” dari anak-anak yatim. Setelah mengaji, tahlil, dan berdoa, setiap anak yatim dan ibu jompo diberikan santunan bulanan yang berasal dari Pendiri TBM Lentera Pustaka secara personal dan titipan sedekah 3-4 kawan baiknya setiap bulan. Setidaknya, setiap anak yatim dan jompo mendapat Rp. 100.000 per orang plus beasiswa setiap bulannya.

 

“Alhamdulillah, saya di TBM Lentera Pustaka selalu mengaji dan menyantuni anak-anak yatim dan jompo bahkan jandanya. Selain menjadi aksi nyata kepedulian terhadap kaum yang membutuhkan, pengajian yatim-jompo binaan pun menjadi cara menggapai berkah aktivitas sosial TBM Lentera Pustaka. Kita sudah ikhtiar, selebihanya memohon pertolongan Allah SWT” ujar Syarifudin Yunus seusai memimpin pengajian bulanan di Bogor.

 

Tradisi pengajian bulanan yatim dan jompo binaan TBM Lentera Pustaka selalu digelar. Selain untuk menggapai ridho Allah SWT, menyantuni anak yatim-jompo memberikan keuatamaan diantaranya: 1) menolah bahaya dan malapetaka, 2) mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, 3) terhindar dari siksaan di akhirat, 4) sebagai amal untuk bekal di akhirat, 5) melembutkan hati, 6) mendapatkan kebaikan yang berlimpah, dan 7) selalu diberkahi Allah SWT. Maka percaya tidak percaya, berkah dan berbagai kemudahan selalu dialami TBM Lentera Pustaka. Mulai dari sponsor CSR korporasi setiap tahunnya, bantuan dan donasi dari berbagai pihak, dan kunjungan berbagai komunitas ke TBM Lentera Pustaka. Sehingga biaya operasional taman bacaan, seperti honor wali baca, listrik-wifi, biaya event bulanan dan jajajan kampung gratis tidak menjadi masalah. Karena selalu ada “orang-orang baik” di TBM Lentera Pustaka.

 


TBM Lentera Pustaka meyakini santunan yatim-jompo binaan adalah cara untuk menyenangkan Allah SWT. Sebagai sayart untuk disenangkan Allah SWT. Karena itu, TBM Lentera Pustaka selalu komitmen dan istikomah dalam meggelar pengajian bulanan dan santunan kepada anak-anak yatim dan jompo binaannya. Karena dekat dan akrab dengan anak-anak yatim dan kaum jompo, segala sesuatu di TBM Lentera Pustaka selalu dimudahkan-Nya.

 

Maka jangan abaikan kekuatan doa anak-anak yatim dan kaum jompo, di mana pun dan kapan pun. Bila ingin sehat, dimudahkan rezeki, dan lancar segala urusan cukup santuni anak-anak yatim dan kaum jompo sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Karena TBM Lentera Pustaka sudah mengalami dan menjalaninya melalui program YAtim BInaan (YAABI) dan JOMpo BInaan (JOMBI).

 

Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik.” (QS Al-Baqarah: 220). Salam literasi #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar