Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan IPA di sekolah, Prodi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) bekerja sama dengan Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbentuk “Workshop Pengembangan Praktikum IPA Inovatif untuk menunjang Sustainable Development Goals (SDG’s)” secara daring (20/8/2022). Dibuka oleh Dr. Dolly Priatna, M.Si, workshop ini menekankan pentingnya sustainable development goals, khususnya pendidikan berkualitas yang perlu didukung oleh guru-guru hebat dan kreatif.
Ketua Pelaksana
PkM sekaligus Kaprodi Pendidikan IPA, Prof. Dr. Indarini Dwi Pursitasari, M.Si
menegaskan pentingnya praktikum dalam pembelajaran IPA di sekolah. Agar siswa
dapat mengembangkan kemampuan hands-on maupun minds-on. Praktikum bukan hanya
memverifikasi pengetahuan, namun juga berguna untuk membangun pengetahuan. Oleh
karena itu, guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain
praktikum maupun menghasilkan alat-alat praktikum inovatif menggunakan potensi
lingkungan dengan tetap memperhatikan pembangunan secara berkelanjutan.
Dalam sambutannya, Yayan Karyana, M.Pd,
Kasie
Kurikulum dan Penilaian Disdikbud Kab. Serang, sangat mengapresiasi workshop yang dilakukan Unpak dan Untirta kepada
guru-guru IPA di Kab. Serang dalammengembangkan Keprofesian secara
Berkelanjutan. Hal senada dikemukakan oleh Lukman Nurhakim, M.Pd, Kaprodi
Pendidikan IPA FKIP Untirta yang senang dapat dengan Unpak dalam meningkatkan
profesionalisme guru.
Bertindak sebagai narasumber dalam workshop
ini yaitu Dr. Didit Ardianto, M.Pd, (Kapus Inovasi Unpak dan dosen Prodi
Pendidikan IPA SPs Unpak) yang
memaparkan Desain
Pratikum IPA dengan Framework Education Sustainable Development (ESD) Goals.
Sebagai cara untuk meningkatkan kualitas praktikum IPA yang inovatif untuk
siswa SMP, seperti: praktikum berbasis masalah, praktikum berbasis proyek, dan
praktikum berbasis STEM. Di sisi lain, Septi Kurniasih, S.Pd., M.Biotek (dosen Prodi Pendidikan IPA FKIP
Untirta) menegaskan
pentingnya Pengembangan Praktikum IPA berorientasi alam sekitar. Agar praktikum
dapat menjadi kegiatan sistematis yang mengajak peserta didik mengamati
fenomena untuk memahami suatu konsep melalui pemanfaatan potensi lokal atau
alam sekitar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar