Minggu, 27 Maret 2022

Kampanyekan Global Money Week, Bank Sinarmas Edukasi Keuangan Pelajar

Dihadiri 50 anak-anak usia SD dan SMP, Bank Sinarmas menggelar edukasi keuangan akan pentingnya menabung sejak dini kepada anak-anak Taman Bacaan Lentera Pustaka ()27/02/2022). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Global Money Week (GMW) 2022 yang bertujuan untuk  menyampaikan pentingnya anak-anak mempersiapkan masa depan melalui keputusan finansial yang tepat.

 

Bertajuk “Build your future, be smart about money”, Bank Sinarmas menekankan pentingnya sikap bijak dalam memperlakukan uang melalui bank. Dikemas dalam suasana santai dan menghibur, edukasi pentingnya menabung ini sebagai upaya meningkatkan tingkat literasi keuangan anak-anak di wilayah Kaki Gunung Salak Bogor. Agar nantinya, anak-anak usia sekolah dapat merencanakan aspek keuangan sejak dini.

 

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada 2019 disebutkan adanya kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan kelompok pelajar atau mahasiswa sebesar 46,7%. Di mana tingkat literasi keuangan kelompok tersebut adalah 31,69% sedangkan tingkat inklusi keuangan kelompok sebesar 78,39%. Karena itu, edukasi keuangan di kalangan pelajar penting dilakukan. Melalui edukasi keuangan yang baik, anak-anak usia sekolah diharapkan mampu merencanakan masa depan mereka secara berkualitas.

 

“Di era digital sekarang, anak-anak usia sekolah harus diajarkan pentingnya menabung. Karena itu, Bank Sinarmas sebagai sponsor CSR TBM Lentera Pustaka pun berkomitmen meningkatkan literasi finansial sebagai bagian kampanye Global Money Week. Agar ke depan, anak-anak mampu memperlakukan uang dengan bijak, di samping membangun animo dalam menabung dan menggunakan jasa bank di masa depan” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka sebagai edukator literasi keuangan di sela acara.

 


Global Money Week (GMW) merupakan kampanye peningkatan kesadaran global tahunan yang dikoordinir oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) terkait pentingnya para pelajar dan kaum muda untuk memiliki kesadaran finansial sejak dini. Agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang lebih bijak dalam mengelola uang. Termasuk edukasi literasi keuangan digital agar terhindar dari bahaya investasi online yang illegal atau online trading bodong bermotif investasi seperti yang kini marak terjadi.

 

Sebagai sponsor CSR di Taman Bacaan Masyarakat Lentera Pustaka, Bank Sinarmas secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan, khususnya bidang perbankan dan keuanga. Hal ini sekaligus menjadi bukti kepedulian untuk peningkatan aktivitas literasi di masyarakat Indonesia yang dijalankan bank swasta nasional di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar