Sebagai upaya memperkuat literasi finansial dan mengkampanyekan Global Money Week (GMW) tahun 2022, PertaLife Insurance menggelar edukasi keuangan yang melibatkan anak-anak usia sekolah dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kp. Warung Loa Desa SukaluyuBogor (27/02/2022). Bertajuk “Build your future, be smart about money”, edukasi finansial ini bertujuan untuk mengajak anak-anak untuk mempersiapkan masa depan melalui keputusan finansial yang tepat. Di samping mengajarkan pentingnya sikap bijak dalam memperlakukan uang, di samping menjaga Kesehatan.
Diikuti
50 anak-anak usia SD dan SMP, edukasi finansial PertaLife Insurance dikemas
dalam suasana santai dan menghibur. Mengingat masih minimnya tingkat literasi
keuangan anak-anak di wilayah Kaki Gunung Salak Bogor. Apalagi di era digital,
anak-anak usia sekolah diharapkan mampu merencanakan aspek keuangan sejak dini,
di samping mengajarkan pentingnya menabung untuk masa depan.
“Dalam
rangka Global Money Week 2022, PertaLife Insurance berkomitmen untuk
mengajarkan pentingnya literasi finansial di kalangan anak-anak usia sekolah.
Agar nantinya, anak-anak mampu memperlakukan uang dengan bijak. Sebagai
perusahaan asuransi jiwa, PertaLife Insurance merealisasikan tanggung jawab
sosial untuk membantu tingkat literasi finansial masyarakat, seperti yang
dilakukan di TBM Lentera Pustaka ini” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM
Lentera Pustaka sebagai educator keuangan.
Seperti
diketahui, berdasarkan
hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada 2019 disebutkan adanya
kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan kelompok pelajar
atau mahasiswa
sebesar 46,7%. Di mana tingkat literasi keuangan kelompok tersebut adalah
31,69% sedangkan tingkat inklusi keuangan kelompok sebesar 78,39%.
Karena itu, edukasi keuangan di kalangan pelajar penting dilakukan. Melalui
edukasi keuangan yang baik, anak-anak usia sekolah
diharapkan mampu merencanakan masa depan mereka
secara lebih baik.
Global Money Week (GMW) merupakan kampanye
peningkatan kesadaran global tahunan yang dikoordinir oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD)
terkait pentingnya para pelajar dan kaum muda untuk memiliki kesadaran
finansial sejak dini. Agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan
perilaku yang lebih bijak dalam mengelola uang. Termasuk edukasi
literasi keuangan digital agar terhindar dari bahaya investasi online yang
illegal atau online trading bodong bermotif investasi seperti yang kini marak
terjadi.
Sebagai
sponsor CSR di Taman Bacaan Masyarakat Lentera Pustaka, PertaLife Insurance
secara aktif melakukan edukasi literasi finansial, khususnya bidang asuransi
jiwa dan dana pensiun. Tujuannya untuk meningkatkan literasi finansial masyarakat
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar