Jumat, 24 Mei 2019

Tiap Tamu Ikut Senam Literasi di Taman Bacaan Lentera Pustaka


Tiap Tamu Ikut Senam Literasi, Tradisi Taman Bacaan Lentera Pustaka

Bila ada taman bacaan di Indonesia yang selalu mengajak “tamu yang berkunjung’ ikut senam literasi, itu hanya ada di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka. Tiap tamu pasti ikut bergoyang dan bersenam ria yang dipandu anak-anak pembaca aktif di taman bacaan yang terletak di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kab. Bogor di Kaki Gunung Salak.

Senam literasi selalu diperagakan sekitar 60 anak-anak pembaca aktif di TBM Lentera Pustaka sebelum memulai aktivitas membaca. Tujuannya, agar lebih semangat dalam membaca. Maklum, anak-anak kampung usia sekolah di wilayah ini sebelumnya “jauh dari akses buku bacaan” sehingga dibutuhkan cara yang beda untuk membangun motivasi membaca pada diri mereka.

Dengan gerakan senam yang dirancang anak-anak taman bacaan, setiap tamu ikut bergerak dan senam selama 1 lagu “Maumere” yang sudah menjadi tradisi di Taman Bacaan Lentera Pustaka.

“Senam literasi sudah menjadi tradisi di TBM Lentera Pustaka. Sebelum memulai jam baca, mereka senam dulu. Agar lebih semangat dalam meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi. Maka tiap tamu yang datang pun harus ikut bersenam” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka.


Selain senam literasi, Taman Bacaan Lentera Pustaka yang dikenal unik dan kreatif ini juga mempunyai tradisi lain, seperti” salam literasi, doa literasi, membaca bersuara, dan event bulanan yang selalu digelar setiap bulan sambal menikmati jajanan kampung gratis. Bahkan lebih dari itu, anak-anak TBM Lentera Pustaka pun selalu diajarkan adab saat membaca untuk 1) mengucap salam, 2) mencium tangan, 3) berdoa, dan 4) budaya antre. 

Senam literasi TBM Lentera Pustaka juga dimaksudkan untuk 'mengusir" rasa bosan dan malas anak-anak di saat membaca. Maklum, anak-anak TBM Lentera Pustaka sebelumnya sama sekali tidak dekat dengan buku. Karena memang tidak ada TBM di wilayah ini sebelumnya. Memang tidak mudah, tapi berkat komitmen dan dukungan dari berbagai pihak, akhirnya hingga kini tradisi "Senam Literasi" di TBM Lentera Pustaka selalu terselenggara dan mampu memacu semangat baca anak-anak.

“Selain membangun tradisi baca dan budaya literasi, TBM Lentera Pustaka juga mengajarkan senam literasi dan salam literasi sebagai nilai-nilai yang melekat di anak-anak di samping menanamkan peradaban baik yang harus ada dalam perilaku anak-anak, seperti mengucap salam dan mencium tangan” tambah Syarifudin Yunus yang juga Dosen Unindra dan Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak.

Pengalaman senam literasi ini pula yang dirasakan sekitar 16 orang professional dari Tim EB Dream Catcher yang melakukan “Goes to Charity” pada Jumat, 24 Mei 2019 sore. Sebagai tamu, para tamu ikut bergerak dan senam bersama anak-anak pembaca aktif di Taman Bacaan Lentera Pustaka. Karena dengan senam literasi, ada makna pentingnya menjaga semangat dalam hidup samabil bergerak agar lebih dinamis.

Memang tidak mudah menegakkan tradisi baca dan budaya literasi di kalangan anak-anak. Karena itu, dibutuhkan kreativitas dan inovasi dalam mengelola taman bacaan seperti yang dilakukan TBM Lentera Pustaka. Bila Anda penasaran, berkunjunglah ke TBM Lentera Pustaka pada saat jam baca di hari Rabu dan Jumat atau saat laboratorium baca di hari Minggu. Maka senam literasi pun akan menyambut kehadiran Anda.

Jadilah bagian untuk terus mengkampanyekan pentingnya tradisi baca dan budaya literasi di kalangan anak-anak kita, dengan bersenam literasi di Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gn. Salak Bogor.

Mari kita selamatkan masa depan anak-anak melalui buku bacaan, bukan melalui smartphone. Jangan biarkan teknolgi digital dan gaya hidup mengalahkan tradisi baca anak-anak. Inilah saatnya kita turun tangan dan terjun langsung membangun budaya membaca anak-anak. Agar mereka dapat mengenal dirinya sendiri dan siap menyongsong masa depan yang penuh tantangan … #SenamLiterasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi
=========
Jadilah relawan dan contributor untuk membangun tradisi baca anak-anak usia sekolah bersama Taman Bacaan Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor.
Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi/donasi silakan hubungi:
TBM Lentera Pustaka
Jl. Masjid No. 77 RT 02/12 Kp. Warung Loa Ds. Sukaluyu Kec. Tamansari Bogor 16610
Telp: 0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com
Rekening Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)
No. Rek. 028-826-1601
Tanpa Baca Kita Merana…!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar