Rabu, 14 Februari 2018

Bermusikalisasi Puisi; Event Bulanan TBM Lentera Pustaka Februari 2018

Setiap bulan, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor selalu menggelar event bulanan.
Edisi Februari 2018, tema event bulanan adalah "Mari Bermusikalisasi Puisi" dengan menghadirkan "bintang tamu" WACANA Grup, kalangan mahasiswa yang telah menekuni musikalisasi puisi. Acara digelar pada Minggu, 11 Februari 2018 pukul 10.00-12.00 WIB.

Di samping untuk memotivasi akan pentingnya membaca, event bulanan ini sekaligus memperkenalkan anak-anakk TBMM Lentera Pustaka tentang musikalisasi puisi sebagai sarana ekspresi dan menyatakan pendapat melalui puisi. Tidak kurang dari 3 anak TBM Lentera Pustaka yang tampil untuk membawakan puisi dengan iringan musik dari Wacana Grup.

Ikut tampil membaca puisi di hadapan anak-anak dalam iringan musik adalah Syarifudin Yunus, selaku pendiri dan kepala program TBM Lentera Pustaka. "Event bulanan TBM Lentera Pustaka digelar setiap bulan. Tujuannya sederhana, agar anak-anak termotivasi dalam membaca di samping mendapat hiburan atau wawasan dari "bintang tamu" yang dihadirkan. Karenamereka adalah "orang luar' yang bersosial dan berinteraksi dengan anak-anak TBM Lentera Pustaka" ujar Syarif.

Event bulanan TBM Lentera Pustaka kali ini dihadiri sekitar 55 anak anggota TBM yang 3 kali dalam seminggu selalu memanfaatkkan "jam baca" pada Rabu-Jumat-Minggu. Tentu juga dhadiri tamu-tamu yang selalu datang men-support TBM Lentera Pustaka. Ikut hadir para mahasiswa Komunitas Ranggon Sastra yang ikut mendonasikan buku bacaan dalam kesempatan ini.

Sepert diketahui, event bulanan TBM Lentera Pustaka selalu digelar setiap bulan. Dengan menghadirkan "bintang tamu" dari luar. Atas dasar kepedulian kepada anak-anak, mereka secara sukarela datang untuk berbagi ilmu dan keterampilan untuk anak-anak TBM Lentera Pustaka. Hal ini penting sebagai bentuk kepedulian sosial para "bintang tamu" terhadap aktivitas sosial.

Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi di kalangan anak-anak, TBM Lentera Pustaka selalu berkerasi dan konsisten dalam menyelenggarakan event bulanan. Seperti pada Desember 2017 dengan tema "Dongeng Pancasila" yang difasilitasi oleh 46 mahasiswa mata kuliah Pancasilla UNJ. Pada Januari 2018, ikut hadir sebagai bintang tamu Kak Tortor seorang magician terkemuka yang membawakan materi "Storytelling Magician" di hadapan anak-anak TBM Lentera Pustaka.

Menariknya lagi, setiap kali digelar event bulanan TBM Lentera Pustaka, anak-anak TBM Lentera Pustaka dapat menikmati secara gratis "jajanan keliling' yang sedang berdagang d sekitar TBM Lentera Pustaka di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Bogor. 
"Event bulanan TBM Lentera Pustaka adalah hari gembira anak-anak TBM. Karena di hari ini, mereka semua dapat menikmati jajanan kelilling secara gratis. TBM yang membayarkan agar anak-anak termotivasi dalam membaca. Memang harus selalu ada cara untuk mengajak anak-anak untuk membaca. Biar semangat biar lebih menarik" tambah Syarif.

Untuk itu, TBM Lentera Pustaka mengajak masyarakat yang memiliki "keterampilan" yang layak dibagi dan disosialisasikan kepada anak-anak TBM Lentera Pustaka untuk ikut berpartisipasi mengisi acara bulanan di TBM Lentera Pustaka. Apa saja, bisa dongeng, ceramah agama, akhlak, keterampilan tangan, band dan musik, prakarya, sulap, atau financial literasi. "Kegiatan ini pun bisa dijadikan CSR bagi perusahaan atau korporasi yang ingin berbakti sosial.

Maju terus TBM Lentera Pustaka. Tebarkan terus semangat membaca anak-anak dalam membentuk tradisi baca dan budaya literasi .... #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar