Kamis, 14 September 2017

5 Alasan, Kenapa Anak-Anak Gak Bisa Baca ?

Membaca itu penting. Semua orang pasti sepakat.
Daripaada banyak gossip, mendingan banyak baca. Daripada banyak tidur, mendingan banyak baca. Daripada banyak main, mendingan banyak baca. Pasti setuju dong kita semua …

Maka wajar, kalo sudah terbiasa baca. Gampang banget kalo ditanya, apa saja 5 alasan kenapa anak-anak harus baca buku? Jawabnya sederhana dan kira-kira begini 5 alasannya.
1. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
2. Bisa memanfaatkan waktu luang
3. Dapat menambah kecerdasan alias pintar
4. Melatih kesabaran anak
5. Menjadi kebiasaan anak yang bagus

Cuma sekarang masalahnya, apakah anak-anak itu pasti punya kesempatan untuk membaca?
Sungguh ternyata tidak. Masih banyak anak-anak Indonesia yang gak punya akses untuk bisa membaca. Jangankan untuk “meningkatkan tradisi membaca”, untuk bisa “dekat dengan buku” saja susah. Karena gak ada buku di dekat mereka. Gimana minat baca bisa tumbuh jika bukunya sendiri tidak ada.  
Maka wajar juga, kalo ada pertanyaan. Kenapa anak-anak gak bisa baca? Setidaknya juga ada 5 alasan, kenapa anak-anak gak bisa baca:
1. Tidak ada bukuyang bisa dibaca di dekat rumahnya.
2. Tidak ada orang mampu yang peduli untuk membantu buku-buku mereka
3. Waktu luang ada tapi buku yang gak ada
4. Wajar jadi “kurang pintar” karena gak pernah baca buku
5. Makin jauh dari buku bacaan, makin jauh dari membaca

KINI SAATNYA, SIAPAPUN KITA, UNTUK MEMBERI PERHATIAN DANKONTRIBUSI TERHADAP KETERSEDIAAN BUKU BACAAN BAGI ANAK-ANAK. AGAR MEREKA BISA MEMBACA DEGAN RUTIN, AGAR MEREKA DEKAT DEKAT BUKU.


Berangkat dari realitas dan alasan di atas, TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LENTERA PUSTAKA akan hadir mulai 5 November 2017 dan berkomitmen untuk menjalankan  program TAMAN BACAAN bagi anak-anak dan remaja di wilayah Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Bogor (Kaki Gunung Salak) yang sangat membutuhkan. Ada sekitar 540 anak-anak dan remaja yang diharapkan dapat mengikuti kegiatan ”membaca buku” secara rutin di TBM LENTERA PUSTAKA.

Tujuan TBM LENTERA PUSTAKA tidak muluk-muluk. Hanya ingin menyediakan akses membaca buku-buku bermutu bagi anak-anak; di samping untuk membangun tradisi baca dan peradaban yang lebih baik.   

Nantinya, TBM LENTERA PUSTAKA akan beroperasi selama 2 hari dalam seminggu, yaitu: 1) Tiap SELASA, pukul 15.30 – 17.30 WIB dan 2) Tiap KAMIS, pukul 15.30 – 17.30 WIB. Di samping kegiatan ”membaca + permainan” setiap hari Minggu pagi, sebulan 2 kali (minggu ke 2 dan 4). Program dan tata kelola TBM Lentera Pustaka secara langsung difasilitasi oleh Syarifudin Yunus, M.Pd., seorang praktisi pendidikan dan Dosen Universitas Indraprasta PGRI  Jakarta yang telah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 23 tahun.

Untuk itu, apabila Bapak/Ibu/Sdr. Ingin memberi donasi buku bacaan atau kontribusi untuk kelancaran TBM Lentera Pustaka, dipersilakan menghubungi:

TBM LENTERA PUSTAKA
Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RT 01/12 Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor 16610 atau JL. AMD 10 Gg. Melati No. 77 RT 03/RW 09 Kreo Larangan Tangerang 15156

No. Telp:  0818 194172 – 0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com atau Website: https://tbmlenterapustaka.blogspot.co.id/


"Budaya membaca anak-anak memang masih rendah. Tapi itu karena anak-anak di daerah memang sulit mendapat akses untuk membaca buku. Tidak ada buku di dekat mereka, sehingga apa yang mau dibaca. Maka TBM seperti Lentera Pustaka perlu didukung penuh oleh masyarakat," ujar Syarifudin Yunus, pendiri TBM Lentera Pustaka.


Ketahuilah, Buku, bagi seorang anak yang membaca, lebih dari sekadar buku. Tetapi, ia merupakan impian sekaligus pengetahuan untuk menuju gerbang masa depan. Agar tidak ada lagi masa silam yang dikeluhkan …. #TBMLenteraPustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar