Minggu, 25 Agustus 2024

Peringati HUT ke-35, Bank Sinarmas dan Tzu Chi Sinarmas Bakti Sosial Donasi Beras dan Periksa Kesehatan Gratis di Bogor

Dalam rangka memperingati 35 tahun, Bank Sinarmas dan Yayasan Tzu Chi Banka Sianramas menggelar kegiatan bakti sosial – CSR bertajuk "Membangun untuk Negeri, Peduli untuk Masyarakat” bagi warga di sekitar TBM Lentera Pustaka dengan donasi 100 karung beras dan pemeriksaaan kesehatan gratis bagi warga yang membutuhkan di Bogor (25/8/2024). Dibuka langsung oleh Miko Andidjaya (Direktur Retail Banking Bank Sinarmas), Ekajaya Ongny Putra (Direktur Lending & Wholesale Banking Bank Sinarmas), Yustinus Ivan, Retno Tri Wulandari (Head of Corporate Secretary), dan Tawang (President Office Sinarmas), bakti sosial ini menjadi bukti kepedulian sosial yang berkelanjutan dilakukan Bank Sinarmas. Acara CSR ini dihadiri 300-an warga masyarakat di sekitar Taman Bacaan dan 40-an relawan Tzu Chi Sinarmas.

 

"Momen bakti sosial Bank Sinarmas dan Yayasan Tzu Chi bertepatan dengan HUT ke-35 Bank Sinarmas. Kami sangat senang bisa berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan ekaligus mengunjungi rumahnya secara langsung bersama relawan Tzu Chi Sinarmas. Inilah bentuk kasih sayang kami kepada warga di TBM Lentera Pustaka yang jadi binaan Bank Sinarmas. Luar biasa acaranya dan warganya” ujar Miko Andidjaya didampingi Ekajaya Ongny Putra, Direksi Bank Sinarmas dalam sambutannya.

 

Dalam kesempatan ini, Miko Andidjaya dan Ekajaya Ongny Putra selaku Direksi Bank Sinarmas juga mengantarkan beras ke rumah warga tidak mampu sebagai bukti kepedulian terhadap sesama. Khusus untuk memotivasi 150 anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka, direksi Bank Sinarmas pun membagikan makanan ringan ke anak-anak. Selain bertemu dengan anak-anak pembaca aktif, ada pula anak difabel yang ada di taman bacaan. Warga pun sangat antusias menyambut bakti sosial tim Bank Sinarmas.

 

Bersama tim dokter GWS Medika dan relawan Yayasan Tzu Chi Sinarmas, Bank Sinarmas juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti 110 warga. Berbagai periksa kesehatan seperti gula darah, kolesterol, penyakit umum, tensi dan berat badan disambut antusiasi warga. Bahkan ada 2 warga yang direkomendasikan periksa ke rumah sakit atas biaya Yayasan Tzu Chi Sinarmas. Periksa gratis kesehatan ini sekaligus bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat. Seluruh aktivitas bakti sosial Bank Sinarmas berlangsung dari pukul 09.00-14.30 WIB.

 


Patut diketahui,kemitraan CSR Bank Sinarmas dengan TBM Lentera Pustaka Bogor telah berlangsung 4 tahun, dengan memberikan dukungan fasilitas taman bacaan dan CSR korporasi setiap tahunnya. Aktivitas literasi finansial dan literasi digital dijalankan secara rutin. Bahkan saat ini, 40 anak usia sekolah di TBM Lentera Pustaka sudah menabung di Tabungan SIMPEL Bank Sinarmas, di samping Kopi Lentera kafenya literasi pun bisa menggunakan alat pembayaran QRIS dari Bank Sinarmas sebagai sinergi apik dalam aksi kepedulian sosial. Ke depan, Bank Sinarmas dan TBM Lentera Pustaka akan memulai kerjasama dalam bentuk pembinaan UMKM, usaha kecil-kecilan yang produktif sebagai bagian dari pemberdayaaan ekonomi masyarakat.   

 

Sebagai mitra binaan Bank Sinarmas, TBM Lentera Pustaka berkomitmen penuh untuk menegakkan kegemaran membaca anak-anak usia sekolah, di samping pemberantasan buta aksara dan menjalankan motor baca keliling. Karena itu, TBM Lentera Pustaka selalu melibatkan korporasi untuk ikut membangun budaya literasi di masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Bogor.

 

"Atas nama TBM Lentera Pustaka dan masyarakat, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Sinarmas, Yaysan Tzu Chi dan GWS Medika atas donasi beras dan pemeriksaaan kesehatan gratis hari ini. Luar biasa, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk warga kami. Semoha ke depan, Bank Sinarmas selalu mendukung aktivitas TBM Lentera Pustaka seperti yang sudah dijalankan selama ini. Maju terus Bank Sinarmas” kata Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka saat menyambut tim Bank Sinarmas.

 

Sebagai taman bacaan binaan Bank Sinarmas, saat ini TBM Lentera Pustaka menjalankan 15 program literasi dari awalnya hanya 1 program saja, seperti 1) TABA (TAman BAcaan) dengan 150 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 40 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb), 13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling), 14) Rooftop Baca, dan 15) Kopi Lentera, kafenya literasi. Tidak kurang 250 orang menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya yang didukung 6 wali baca dan 12 relawan. TBM Lentera Pustaka beroperasi 6 hari dalam seminggu (kecuali hari Senin).

 

Bakti sosial CSR Bank Sinarmas menjadi bukti kepedulian korporasi terhadap pendidikan anak, aksi nyata sosial, dan kesehatan masyarakat. Agar tetap terjaga kegiatan membaca buku di tengah gempuran era digital. Salam literasi #BankSinarmas #TzuChiSinarmas #GWSMedikas # #TBMLenteraPustaka

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar