Minggu, 27 Agustus 2023

Lomba Giat Literasi Peringati HUT RI, Seperti Apa?

Dihadiri 250-an anak-anak dan warga, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak menggelar “Lomba Giat Literasi” dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI (27/8/2023). Menariknya, sekitar 120 lomba untuk juara dan bingkisan untuk seluruh peserta disediakan oleh 4 lembaga yaitu Bank Sinarmas, DPLK Allianz, DPLK BNI, dan Asosiasi DPLK.

 

Lomba yang setiap tahun digelar ini mendapat respon yang antusias dari anak-anak taman bacaan dan warga. Diawali dengan upacara bendera, lalu keliling kampung “kampanye ayo baca”, dan diikuti pelaksanaan lomba-lomba yang diikuti anak-anak TBM, Kelas PRAsekolah, dan kaum ibu-warga sekitar taman bacaan. Tarian kreasi anak-anak TBM pun dihadirkan dengan estetis dan mendapat tepuk riuh yang luar biasa. Bertindak sebagai fasilitator Lomba Giat Literasi adalah wali baca, relawan, dan mahasiswa BEM Faperta IPB. Turut hadir Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka dan Epul Saepullah, Carlos, Ramdan dari Tim Bank Sinarmas yang mendukung penuh kegiatan literasi dai taman bacaan ini.

 

“Lomba Giat Literasi ini selalu digelar TBM Lentera Pustaka saat memperingati HUT Kemerdekaan RI. Selain untuk menanamkan nilai-nilai patriotisme, lomba ini menjadi cara untuk menjadikan taman bacaan sebagai tempat asyik dan menyenangkan yang bukan hanya untuk membaca buku” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka di sela acara.

 

Di tengah jeda sholat zuhur, setiap anak dan orang tua yang hadir pun diberikan kupon “jajanan kampung gratis” untuk ditukarkan jajanan yang mangkal di taman bacaan. Selain untuk melatih budaya antre, jajanan kampung gratis ini sekaligus menjadi cara TBM Lentera Pustaka untuk menyenangkan anak-anak yang rajin dan betah secara rutin datang ke taman bacaan. Jajanan kampung gratis sebulan sekali ini jadi acara andalan yang selalu ditunggu-tunggu oleh pengguna layanan TBM Lentera Pustaka, baik anak-anak maupun kaum ibu yang mengantar anak-anaknya membaca.

 


Patut diketahui, saat in TBM Lentera Pustaka melayani aktivitas literasi 6 hari dalam seminggu. Saat ini TBM Lentera Pustaka yang dikenal taman bacaan komprehensif ini menjalankan 15 program literasi, yaitu:  1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 4 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya, Sukajadi), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 40 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb), 13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling),  14) Rooftop Baca, dan 15) Melek Al Quran. Tidak kurang 200 orang menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya yang dibimbing 12 wali baca dan relawan. Berbagai korporasi sering melalukan kegiatan CSR di TBM Lentera Pustaka, di samping menjadi mitra ddari BEM Faperta, KKN UIN Syarif Hidayatullah, STIA Al Hidayah dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

 

Di tahun ke-6 perjalanannya, TBM Lentera Pustaka ke depan akan mengintensifkan aktivitas MOtor BAca KEliling (MOBAKE) atau motor pustaka yang menyasar kampung-kampung yang tidak tersedia akses bacaan selama ini. Saat ini tersedia 2 motor baca keliling, dan rencananya tahun depan akan ditambah 2 motor lagi CSR untuk memperkuat pergerakan literasi di sekitar kaki Gunung Salak. Bahkan nantinya, TBM Lentera Pustaka akan membuka layanan “wisata driver motor baca” untuk umum. Siapapun yang ingin mendapatkan pengalaman mengendarai motor baca dan melayani kegiatan membaca anak-anak usia sekolah di kampung-kampung yang tidak ada akses bacaan. Agar nantinya, siapapun punya pengalaman berliterasi sambil membangkitkan kepedulian kepada anak-anak dalam membaca buku. Salam literasi #LombaGiatLiterasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar