Kamis, 10 November 2022

Bank Sinarmas Dianugerahi CSR IDX Channel 2022 Kategori Sosial Development Initiatives

PT. Bank Sinarmas Tbk. berhasil meraih penghargaan Anugerah CSR tahun 2022 dari IDX Channel untuk kategori “Sosial Development Initiatives” atas program “Peduli Gerakan Literasi dan Taman Bacaan”. Malam anugerah penghargaan diberikan oleh Wahyu T. Setiabudi selaku Juri IDX Channel Innovation Award 2022 kepada Ekajaya Ongny Putra (Direktur Corporate Banking) di Jakarta (9/11/2022). Anugerah CSR ini menjadi bukti komitmen dan kepedulian sosial Bank Sinarmas dalam membangun gerakan literasi dan taman bacaan di Indonesia.

 

Anugerah CSR IDX Channel 2022 merupakan ajang apresiasi bagi perusahaan-perusahaan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) terbaik di Indonesia. Dengan mengambil tema “Orchestrating Integrated CSR Initiatives To Accelerate Economic Recovery”, event ini diikuti 30 perusahaan dengan usulan 60 program CSR dari berbagai sektor. Dan Bank Sinarmas berhasil menorehkan prestasi dan penghargaan untuk program Peduli Gerakan Literasi dan Taman Bacaan di Indonesia.

 

“Atas nama Bank Sinarmas, kami patut bersyukur dan bangga atas inisiatif CSR yang telah dijalankan bersama TBM Lentera Pustaka dalam membangun gerakan literasi dan taman bacaan di Desa Sukaluyu Bogor. Semoga anugerah CSR ini menjadi pemicu masyarakat dan anak-anak untuk tetap membaca buku sehingga dapat menekan angka putus sekolah” ujar Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas dalam rilis-nya.

 


Atas pencapaian ini, Bank Sinarmas menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan tanggung jawab sosial di gerakan literasi dan taman bacaan. Agar kegiatan membaca buku di kalangan anak-anak tidak hilang sekalipun di era digital. Sebagai bank swasta nasional, Bank Sinarmas berkomitmen untuk selalu mendorong aktivitas literasi dan taman bacaan untuk bertumbuh, di samping memberikan edukasi literasi finansial untuk mengajarkan pentingnya menabung bagi anak-anak usia sekolah. Agar terampil dalam mengelola uang di samping mampu meningkatkan kesejahteraan dalam skala kecil dan praktis.

 

Melalui inisiatif dan dukungan CSR dari Bank Sinarmas, saat ini TBM Lentera Pustaka menjalankan 14 program literasi dari awalnya hanya 1 program saja, seperti  1) TABA (TAman BAcaan) dengan 130 anak pembaca aktif dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya), 2) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) dengan 9 warga belajar, 3) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 4) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 5) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 12 jompo usia lanjut, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) Koperasi SImpan Pinjam dengan 28 kaum ibu agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 8) DonBuk (Donasi Buku), 9) RABU (RAjin menaBUng), 10) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 11) LITFIN (LITerasi FINansial), 12) LIDAB (LIterasi ADAb),  13) MOBAKE (MOtor BAca KEliling), dan 14) Rooftop Baca. Tidak kurang 200 orang menjadi pengguna layanan TBM Lentera Pustaka setiap minggunya. Saat ini TBM Lentera Pustaka pun beroperasi 6 hari dalam seminggu dna dikenal sebagai taman bacaan yang paling aktif dan komprehensif di Indonesia.

 

Anugerah CSR yang diraih Bank Sinarmas ini menjadi bukti pentingnya kolaborasi antara perusahaan swasta dan taman bacaan di Indonesia, di samping berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dan program pemberdayaan masyarakat. Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih literat, lebih mampu memahami realitas agar lebih berdaya di masa depan. Salam Literasi. #BankSinarmas #AnugerahCSRIDXChannel #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka #CSRAward



Tidak ada komentar:

Posting Komentar