Dalam rangka memeriahkan Glomal Money Week (GMW) 2022, Pacific Life Insurance menggelar edukasi keuangan yang melibatkan anak-anak usia sekolah dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu (Kaki Gunung Salak) Bogor (27/02/2022). Bertajuk “Build your future, be smart about money”, edukasi keuangan ini bertujuan untuk menyampaikan pentingnya anak-anak mempersiapkan masa depan melalui keputusan finansial yang tepat. Di samping mengajarkan pentingnya sikap bijak dalam memperlakukan uang.
Dihadiri
50 anak-anak usia SD dan SMP, edukasi keuangan Pacific Life Insurance dikemas
dalam suasana santai dan menghibur. Mengingat masih minimnya tingkat literasi
keuangan anak-anak di wilayah Kaki Gunung Salak Bogor. Anak-anak usai sekolah
di era digital diharapkan mampu merencanakan aspek keuangan sejak dini, di
samping mengajarkan pentingnya menabung daripada jajan.
“Edukasi
keuangan Global Money Week yang digelar Pacific Life Insirance ini sangat
penting sebagai bagian literasi finansial di kalangan anak-anak usia sekolah.
Agar ke depan, anak-anak mampu memperlakukan uang dengan bijak. Karena itu
pengetahuan keuangan harus dioptimalkan melalui perencanaan yang pas. Sehingga
nantinya, anak-anak bisa mengatur uangnya sendiri untuk hal-hal yang produktif”
ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka sebagai educator keuangan.
Untuk
diketahui, berdasarkan
hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada 2019 disebutkan adanya kesenjangan
antara tingkat literasi dan inklusi keuangan kelompok pelajar
atau mahasiswa
sebesar 46,7%. Di mana tingkat literasi keuangan kelompok tersebut adalah
31,69% sedangkan tingkat inklusi keuangan kelompok sebesar 78,39%.
Karena itu, edukasi keuangan di kalangan pelajar penting dilakukan. Melalui edukasi keuangan yang baik,
anak-anak usia sekolah diharapkan mampu merencanakan masa depan mereka
secara berkualitas.
Global Money Week (GMW) merupakan kampanye
peningkatan kesadaran global tahunan yang dikoordinir oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD)
terkait pentingnya para pelajar dan kaum muda untuk memiliki kesadaran
finansial sejak dini. Agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan
perilaku yang lebih bijak dalam mengelola uang. Termasuk edukasi
literasi keuangan digital agar terhindar dari bahaya investasi online yang illegal
atau online trading bodong bermotif investasi seperti yang kini marak terjadi.
Sebagai
sponsor CSR di Taman Bacaan Masyarakat Lentera Pustaka, Pacific Life Insurance
secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan, khususnya bidang asuransi jiwa
dan jasa keuangan non bank. Hal ini sekaligus menjadi bukti kepedulian untuk peningkatan
aktivitas literasi di masyarakat Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar