Sabtu, 26 Maret 2022

Pacific Life Insurance Edukasi Anak Bijak Mengelola Uang, Kampanyekan Global Money Week

Dalam rangka memeriahkan Glomal Money Week (GMW) 2022, Pacific Life Insurance menggelar edukasi keuangan yang melibatkan anak-anak usia sekolah dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu (Kaki Gunung Salak) Bogor (27/02/2022). Bertajuk “Build your future, be smart about money”, edukasi keuangan ini bertujuan untuk  menyampaikan pentingnya anak-anak mempersiapkan masa depan melalui keputusan finansial yang tepat. Di samping mengajarkan pentingnya sikap bijak dalam memperlakukan uang.

 

Dihadiri 50 anak-anak usia SD dan SMP, edukasi keuangan Pacific Life Insurance dikemas dalam suasana santai dan menghibur. Mengingat masih minimnya tingkat literasi keuangan anak-anak di wilayah Kaki Gunung Salak Bogor. Anak-anak usai sekolah di era digital diharapkan mampu merencanakan aspek keuangan sejak dini, di samping mengajarkan pentingnya menabung daripada jajan.  

 

“Edukasi keuangan Global Money Week yang digelar Pacific Life Insirance ini sangat penting sebagai bagian literasi finansial di kalangan anak-anak usia sekolah. Agar ke depan, anak-anak mampu memperlakukan uang dengan bijak. Karena itu pengetahuan keuangan harus dioptimalkan melalui perencanaan yang pas. Sehingga nantinya, anak-anak bisa mengatur uangnya sendiri untuk hal-hal yang produktif” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka sebagai educator keuangan.

 


Untuk diketahui, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada 2019 disebutkan adanya kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan kelompok pelajar atau mahasiswa sebesar 46,7%. Di mana tingkat literasi keuangan kelompok tersebut adalah 31,69% sedangkan tingkat inklusi keuangan kelompok sebesar 78,39%. Karena itu, edukasi keuangan di kalangan pelajar penting dilakukan. Melalui edukasi keuangan yang baik, anak-anak usia sekolah diharapkan mampu merencanakan masa depan mereka secara berkualitas.

 

Global Money Week (GMW) merupakan kampanye peningkatan kesadaran global tahunan yang dikoordinir oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) terkait pentingnya para pelajar dan kaum muda untuk memiliki kesadaran finansial sejak dini. Agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang lebih bijak dalam mengelola uang. Termasuk edukasi literasi keuangan digital agar terhindar dari bahaya investasi online yang illegal atau online trading bodong bermotif investasi seperti yang kini marak terjadi.

 

Sebagai sponsor CSR di Taman Bacaan Masyarakat Lentera Pustaka, Pacific Life Insurance secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan, khususnya bidang asuransi jiwa dan jasa keuangan non bank. Hal ini sekaligus menjadi bukti kepedulian untuk peningkatan aktivitas literasi di masyarakat Indonesia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar