Sabtu, 07 Juli 2018

Lebaran Di Taman Baca Ala TBM Lentera Pustaka


TBM Lentera Pustaka sebagai taman bacaan masyarakat satu-satunya yang ada di Kec. Taman Sari Kaki Gunung Salak menggelar open house “Lebaran Di Taman Baca” terkait perayaan Idul Fitri 1439 H. Lebaran Di Taman Baca ini tergolong unik, boleh disebut ala TBM Lentera Pustaka.

Uniknya karena open hous ini terletak pada 1) anak-anak bersama warga TBM Lentera Pustaka tetap membaca sambil menikmati hidangan kue yang tersedia, 2) semua anak yang hadir bernyanyi bersama lagu-lagu Nissa Sabyan yang lagi hits, dan 3) anak-anak pun melatih budaya antre saat menikmati jajanan keliling bakso secara gratis. Dihadiri sekitar 50 anak-anak TBM Lentera Pustaka dan warga, suasana open house “lebaran di taman baca” tergolong meriah dan penuh keceriaan.


“Open house “Lebaran Di Taman Baca” ini baru kali pertama digelar dan akan menjadi tradisi tahunan di kampung warung loa ini. Niat dan tujuannya sederhana, agar anak-anak di sini pun dapatmerasakan suasana lebaran yang menggembirakan. Maklum, kampung ini tergolong kampung yang prassejahtera” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka di sela acara.

Open house “lebaran di taman baca” ini pun menjadi bagian dari membangun semangat anak-anak agar tetap rajin membaca di TBM Lentera Pustaka. Di samping untuk menghibur anak-anak yang memang di kesehariannya kurang hiburan. Patut dipahami, membangun tradisi baca dan budaya literasi di kampung seperti di Kaki Gunung Salak tidaklah mudah. Maka, perlu dilakukan berbagai inisiatif dan terobosan agar anak-anak tidak kehilangan semangat membaca setiap harinya. Jangan di kampung, anak-anak kota pun saat ini semakin sulit membangun tradisi baca. Apalahi di tengah gempuran gawai atau gadget yang makin sulit dikontrol.

Dalam kesempatan ini, TBM Lentera Pustaka pun meluncurkan “tradisi baru” berupa DOA LITERASI yang dilakukan anak-anak sebelum membaca. Doa Literasi itu adalah “Bismillahirohmannirohim, ya Allh tambahkanlah ilmuku, mudahkanlah urusanku, lancarkanlah TBMku, amiin”. Sebelumnya anak-anak TBM Lentera Pustaka sudah terbiasa dengan SALAM LITERASI dan SENAM LITERASI.

Ke depan setelah Idul Fitri 1439 H ini, TBM Lentera Pustaka akan melakukan “aksi penghijauan 1.000 polybag”. Setiap anak akan bertanggung jawab terhadap 20 polybag yang akan ditanami bibit cabai, tomat, bunga, dan pohon jalanan. Anak-anak akan mengisinya dengan tanah, menabur bibit, hingga pohonnya tumbuh. Setelah tumbuh, maka pohon-pohon tersebut akan diletakkan di sepanjang jalan menuju TBM Lentera Pustaka. Agar menjadi lingkungan yang asri dan hijau.


TBM Lentera Pustaka pun saat ini sedang mencari investor untuk membuat dan mengembangkan kawasan WISATA LITERASI LENTERA PUSTAKA, yaitu rekerasi sambil membaca buku dengan menyusuri kebun dan sungai. Wisata Literasi ini akan menjadi wisata yang menarik bagi keluarga dan anak-anak, karena selama perjalanan wisata harus membaca dengan buku yang disediakan dari TBM Lentera Pustaka.

Seperti diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki 60 anak yang aktif membaca dari 120 anak yang menjadi anggota. Dengan 2.500 koleksi buku yang ada, anak-anak TBM Lentera Pustaka melakukan “jam baca” seminggu 3 kali (Rabu-Jumat-Minggu) setiap minggunya didampingi oleh 2 petugas TBM Lentera Pustaka.



Ke depan, TBM Lentera Pustaka bertekad untuk bisa menjadi “lentera” bagi anak-anak kampung yang selama ini jauh dari akses buku-buku bacaan. Melalui buku, TBM Lentera Pustaka berusaha untuk “menerangi” kehidupan seharo-hari anak-anak kampung. Berbeka motto “Baca Bukan Maen”, TBM Lentera Pustaka hanya ingin menyeimbangi antara waktu main dan waktu baca di kalangan anak-anak. Maka untuk “menyalakan api lentera pustaka”, TBM Lentera Pustaka mengundang masyarakat untuk menjadi relawan, pengisi acara bulana, atau bahkan menjadi donator TBM Lentera Pustaka.

Karena ketahuilah, “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. Dan untuk itu, TBM Lentera Pustaka selalu ikhtiar untuk menebar manfaat bagi orang banyak dalam kebaikan, termasuk kebaikan dalam membangun tradisi baca dan budaya literasi anak-anak yang membutuhkan … #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar