Rabu, 27 Juni 2018

Membaca Perkembangan TBM Lentera Pustaka Setelah 8 Bulan Berdiri


Alhamdulillah sejak berdiri dan diresmikan pada 5 November 2017 lalu, TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Lentera Pustaka kini memasuki usia bulan ke-8. Masih sangat muda dan masih sangat panjang perjalanan yang harus ditempuh.

Namun sebagai wujud transparansi dan tata kelola professional, TBM Lentera Pustaka sangat patut untuk menyampaikan Laporan Perkembangan Aktivitas TBM Lentera Pustaka.

Seperti diketahui, TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LENTERA PUSTAKA memiliki fokus menjalankan  program TAMAN BACAAN bagi anak-anak dan remaja usia sekolah di wilayah Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Bogor (kaki Gunung Salak) yang sangat membutuhkan. Melalui kegiatan ini, anak-anak dan masyarakat berkesempatan membaca buku-buku bermutu, di samping dapat sumber belajar dan menambah pengetahuan untuk membangun tradisi baca dan peradaban anak-anak yang lebih baik.    


Tujuan keberadaan TBM Lentera Pustaka sangat sederhana.

Untuk memudahkan anak-anak dan remaja usia sekolah mendapat akses bacaan yang baik, bermutu, dan menarik, di samping memberi kesempatan dan alokasi waktu membaca secara rutin kepada anak-anak usia sekolah. Maka akan tercipta tradisi baca dan budaya literasi anak-anak yang lebih baik. Anak-anak yang akrab dengan buku.


Lalu, bagaimana perkembangan aktivitas TBM Lentera Pustaka setelah 8 bulan beroperasi?
Sangat membanggakan dan akan terus ditingkatkan di waktu yang akan dating. Adapun laporan perkembangan aktivitas TBM Lentera Pustaka hingga Juni 2018 adalah sebagai berikut:

No.
Indikator Kemajuan/Perkembangan
Kinerja
As of Juni 2018
Capaian
1.
Jumlah Anak yang menjadi Anggota TBM
110 anak
91,6%
2.
Pembaca anak yang aktif
70 anak
63%
3.
Jumlah koleksi buku bacaan (seluruh buku sumbangan/donasi dari rekan/masyarakat/lembaga)
2.500 buku
166% dari target koleksi buku tahun ke-1
4.
Rata-rata anak membaca buku per minggu
12 buku per minggu
200% dari target 6 buku per minggu
5.
Jam baca rutin seminggu 3 hari
Rata-rata 40 anak
57% dari anak pembaca aktif
6.
Event bulanan menghadirkan “tamu dari luar” untuk berbagi ilmu/keterampilan – bersifat sosial
Setiap bulan sekali
100% selalu ada event
7.
Program motivasi untuk anak-anak TBM
Anugerah Pembaca Terbaik setiap bulan
100% setiap bulan ada anak penerima piala pembaca terbaik
8.
Petugas TBM = 2 orang
Selalu hadir dan membimbing anak-anak membaca di “jam baca”
100% kehadiran petugas TBM
9.
Sponsor CSR Korporasi Tahun ke-1
1.   Ciptadana Aset Management
2.   AJ. Tugu Mandiri
3.   Bank CIMB Syariah - Bandung
4.   Perkumpulan DPLK
100% sesuai harapan TBM Lentera Pustaka
10.
Fasilitas TBM Lentera Pustaka
-      Wifi
-      Meja Baca 10 buah
-      Karpet Baca
-      7 Boks Buku
Sangat di luar dugaan

Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun mendapat liputan khusus Harian Jawa Pos yang terbit pada Sabtu, 10 Februari 2018 hal. 21 dengan judul "Mampir ke Taman Baca Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak - Motivasi Anak dengan Penghargaan Best Reader". Selain itu, pendiri dan kepala TBM Lentera Pustaka, Syarifudin Yunus pun berhasil meraih penghargaan “UNJ Award 2017” untuk kategori “Pengabdian Alumni kepada Masyarakat” pada 12 Desember 2018 di Kampus UNJ Rawamangun Jakarta.


Tentu, kinerja yang telah dicapai TBM Lentera Pustaka selama 8 bulan ini tidak sama sekali untuk membuat terlena. Karena perjalanan masih panjang. TBM Lentera Pustaka akan terus meningkatkan kapasitas dan inovasi agar mampu menjadi taman bacaan masyarakat yang memberi maslahat kepada anak-anak dan menjadi ”center pemberdayaan masyarakat” ke depannya.

Dari segi aktivitas, TBM Lentera Pustaka pun akan mengembangkan aktivitas untuk 1) membuka kelas buta huruf bagi ibu-ibu atau bapak-bapak yang tidak bisa membaca dan 2) merintis berdirinya ”Wisata Literasi Lentera Pustaka” sebuah tujuan wisata alam sambil membaca, yang kali pertama ada di Indonesia.
WISATA LITERASI LENTERA PUSTAKA adalah sebuah kawasan wisata alternatif atau liburan yang berkualitas dan dapat menambah pengetahuan anak melalui buku bacaan. Wisata literasi ini berbasis perjalanan literasi menyusuri alam seperti sungai dan kebun dengan spot-spot foto yang menarik. Melalui wisata literasi yang dialami anak-anak, akan dapat memacu karakter yang positif, seperti peduli terhadap alam, menjaga kebersihan sungai, bertanggung jawab, manajemen waktu yang berkualitas, ekspresi diri, hingga interaksi sosial plus membentuk kebiasaan membaca dan menulis.

Tujuan Wisata Literasi “LENTERA PUSTAKA” adalah menciptakan wahana liburan sambil membaca, alternatif wisata yang berkualitas, meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan masyarakat, mengajak anak-anak mengalami, meresapi, dan mentransformasikan bacaan ke dalam dirinya; membaca di alam, menerapkan teknik “metaforma” dalam membaca; melampaui (meta) pemindahan (forma) agar lebih paham dan berkarakter dan mendekatkan anak-anak dan orang tua dengan buku.

Beberapa spot membaca yang menarik di Wisata Literasi “Lentera Pustaka” antara lain:
1. Spot “TBM Lentera Pustaka” untuk mengembangkan kepekaan sosial melalui interaksi dengan anak-anak sebaya dalam membaca buku, bercerita dan berdialog.
2. Spot “Baca Puisi” dan “Baca Cerpen” untuk ruang ekspresi diri di alam terbuka sambil membaca puisi atau cerpen, sesuai dengan gaya masing-masing.
3. Spot “Baca di Sungai” untuk menanamkan cinta kepada lingkungan di aliran Sungai Ciherang yang bening dan dingin sambil berfoto di spot “meja kursi bambu”, spot “sepeda jengki jengkang”, spot “batu membaca”, spot “curug baca lentera” yang semuanya keren dan menarik.
4. Spot “Baca di Kebun” untuk mengenali tanaman dan pola cocok tanam di kebun singkong, kebun honje, kebun cabai, dan kebun talas.
5.  Spot “Saung Baca” untuk memperkuat tradisi baca dan tulis anak-anak terhadap isi bacaan.

Patut diketahui, saat ini jam operasional TBM LENTERA PUSTAKA adalah sebagai berikut:
-         - Tiap SELASA, pukul 15.30 – 17.30 WIB
-         - Tiap KAMIS, pukul 15.30 – 17.30 WIB
-         - MINGGU pagi, pukul 10.00-12.00 WIB Laboratorium Baca
Waktu operasional TBM LENTERA PUSTAKA ini bersifat sementara, sambil mempertimbangkan animo anak-anak dan petugas jaga TBM. Akan dioptimalkan sesuai dengan perkembangan/kebutuhan.

Memang tidak mudah mengelola taman bacaan masyarakat. Karena bukan hanya butuh biaya tapi juga tenaga dan waktu yang didedikasikan khusus untuk menemani dan membimbing anak-anak usia sekolah dalam membangun tradisi baca dan budaya literasi. Namun itu semua akan mudah diatasi bila kita menjalankannya dengan SEPENUH HATI demi tegaknya peradaban anak-anak di masa datang yang lebih baik.


Semoga laporan perkembangan aktivitas TBM Lentera Pustaka ini dapat menjadi informasi dan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait untuk merealisasikan partisipasi/donasi dan program CSR korporasi. Tidak ada kata lain, selain mari bersama-sama untuk mewujudkan “MASYARAKAT YANG LEBIH BAIK MELALUI BUKU DAN BACAAN”.

Ke depan, TBM Lentera Pustaka akan terus berkiprah.
Karena niat baik tidak cukup bila tidak diikuti oleh aksi nyata. Demi masa depan anak-anak kita, demi generasi penerus bangsa Indonesia yang luar biasa ini.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi kemudahan dan melindungi kita semua, amiin. #BACABUKANMAEN #TBMLenteraPustaka
==============================
Jadilah RELAWAN & DONATUR TBM LENTERA PUSTAKA untuk membangun tradisi baca bagi anak-anak/remaja usia sekolah yang membutuhkan, di samping memberi edukasi akan pentingnya peradaban dan etika. Di samping untuk melenyapkan mata rantai putus sekolah yang tergolong besar di Desa Sukaluyu.

Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi/donasi dapat menghubungi:
TBM Lentera Pustaka
Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RT 01/12 Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor 16610 Telp:  0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com

Rekening Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)
No. Rek. 028-826-1601
Mari wujudkan mimpi anak-anak di masa depan melalui buku …
#BUKUadalahTELADAN #TBMLenteraPustaka

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar