Selasa, 13 Maret 2018

Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru?


Minat baca masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak masih sangat rendah. Data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca.

Penyebabnya, bisa jadi karena kesulitan akses untuk mendapatkan buku bacaan. Semangat baca yang tinggi pun menjadi tidak berarti tanpa adanya buku yang bisa dibaca oleh anak-anak. Ketika anak-anak tertarik untuk membaca. Tapi buku bacaan tidak ada, maka tidak mungkin mereka gemar membaca. Akses buku bacaan yang susah jelas menjadi sebab minat baca yang rendah.


Oleh karena itu, diperlukan terobosan baru untuk membagun minat baca anak.
Salah satu dantaranya, adalah memperbanyak akses buku bacaan khususnya melalui Taman bacaan Masyarakat (TBM). TBM yang didirikan di kampung-kampung, di desa-desa yang selama ini kesulitan akses buku bacaan anak atau daerah minus dengan tingkat pendidikan rendah. Dengan adanya TBM diharapkan dapat menjadi “momentum” untuk memutus mata rantai putus sekolah anak-anak di aderah miskin, di daerah minus yang selama ini tidak tersentuh buku bacaan.

Berangkat dari kenyataan itu dan menyadari akan arti penting tradisi baca dan budaya literasi, maka TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LENTERA PUSTAKA didirikan. Dengan fokus menjalankan  program TAMAN BACAAN bagi anak-anak dan remaja di wilayah Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Bogor (kaki Gunung Salak Bogor) yang selama ini sulit mendapat akses buku bacaan. TBM Lentera Pustaka berani membuat teroosan baru dengan menjadikan TBM Lentera Pustaka sebagai sarana membaca yang menyenangkan dan menghibur anak-anak. Tujuan TBM Lentera Pustaka sangat sederhana, “membiasakan anak-anak untuk membaca bukan bermain, mendekatkan anak-anak dengan buku”


Akankah anak-anak Indonesia semakin mudah mendapat akses buku bacaan?
Sungguh tidak ada yang tahu. Semuanya, terpulang kepada kita. Mau atau tidak membantu kegiatan sosial seperti yang dilakukan TBM Lentera Pustaka. Semua orang tahu, manfaat membaca itu penting sebagai jendela dunia, jendela ilmu pengetahuan. Namun, itu semua tidak dapat berjalan dengan sendirinya …. Harus ada dukungan dan sinergi dari berbagai pihak. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi di kalangan anak-anak kita. Salam Literasi #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen


Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi/donasi silakan hubungi:
TBM Lentera Pustaka
Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RK 12 Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor 16610
Telp:  0818 194172 – 0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com
Rekening Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)
No. Rek. 028-826-1601


Tidak ada komentar:

Posting Komentar