Sabtu, 31 Agustus 2024

Taman Bacaan di Bogor Rutin Santuni Anak Yatim dan Kaum Jompo, Kok Bisa?

Selain menjadi tempat membaca ratusan anak dari 4 desa, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor memiliki program YAtim BInaan (YABI) dan JOMpo BInaan (JOMBI) sebagai bagian dari kepedulian sosial terhadap anak-anak yatim yang sekaligus pembaca aktif, di samping kaum jompo di sekitar TBM Lentera Pustaka. Saat ini ada 14 anak yatim yang dibina TBM Lentera Pustaka (3 diantaranya mendapat beasiswa untuk sekolah/kuliah) dan 12 ibu jompo yang secara rutin dibina TBM Lentera Pustaka.

 

Melalui program YABI dan JOMBI, TBM Lentera Pustaka secara rutin menggelar pengajian bulanan khusus yatim binaan dan jompo binaan, di samping memberikan santunan setiap bulannya. Selain itu, YABI dan JOMBI mendapat prioritas atau digolongkan warga “kelas satu” yang berhak mendapat keistimewaan dari TBM Lentera Pustaka. Misalnya untuk bingkisan lebaran, daging qurban, dan santunan dari komunitas atau perusahaan yang digelar di TBM Lentera Pustaka.

 

Pendiri TBM Lentera Pustaka bersama teman-teman seprofesinya, setiap bulan secara rutin mengumpulkan sedekah dari gaji/rezeki yang diperolehnya. Untuk disedekahkan ke anak-anak yatim dan ompo binaan di TBM Lentera Pustaka. Seperti yang terjadi pada Sabtu (31/8/2024), pengajian bulanan dihadir anak-anak yatim dan jompo binaan yang dipimpin langsung oleh Pendiri TBM Lentera Pustaka. Selain mengaji dan tahlil, ada doa bersama yang dilantunkan untuk kebaikan dan keberkahan orang-orang baik di TBM Lentera Pustaka.

 

“Alhamdulillah, dari sejak berdiri di tahun 2017 hingga kini, TBM Lentera Pustaka selalu membina anak-anak yatim dan jompo yang ada di sekitarnya. Saat ini ada 14 anak yatim dan 12 jompo yang dibina. Program ini murni kepedulian sosial, di samping untuk memberikan semangat kepada anak-anak yatim dan kaum jompo. Sedekah untuk mereka yang membutuhkan” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

 


Melalui program YABI dan JOMBI, TBM Lentera Pustaka bertekad menjadikan taman bacaan sebagai ladang amal dan pahala bagi semua orang. Menjadi tempat yang inklusif untuk semua golongan, termasuk anak-anak yatim dan kaum jompo. Sekadar untuk memberi perhatian dan motivasi kepada anak-anak yatim untuk terus sekolah, di samping kaum jompo merasa ada yang memperhatikan. Intinya, hadirkan senyum untuk anak-anak yatim dan kaum jompo di taman bacaan.

 

Di balik program YABI dan JOMBI TBM Lentera Pustaka, ada pesan penting. Bahwa siapapun yang berniat belajar, apapun pasti akan jadi pelajaran. Tapi sebaliknya siapapun yang tidak berniat belajar, saat belajar pun tidak akan jadi pelajaran. Uabah niat baik jadi aksi nyata. Syukurilah apa yang dimiliki, jangan keluhkan yang tidak ada. Tetap lah bercengkrama dan hadirkan senyum untuk anak-anak yatim dan kaum jompo. Insya Allah sehat dan berkah selalu ... #YAtimBINaan #JOMpoBInaan #TBMLenteraPustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar