Corporate Social Responsibility (CSR)
bagi korporasi bukan hanya penting tapi wajib. Sebagai bukti kepedulian sosial
dalam memberdayakan masyarakat yang tidak mampu, dari segala ukuran.
Karena itu, CSR jangan hit and run;
kasih lalu pergi.
Patut direnungi untuk korporasi. CSR
Jangan HIT and RUN.
Menebar kebaikan lalu pergi. Selesai. Tanpa dipantau bahkan ditindaklanjuti. CSR sekecil apapun, apalagi yang besar harus didasari komitmen, konsistensi, dan berkelanjutan. Sehingga ada dampak positif dari kepedulian sosial yang diberikan. CSR bukan hanya seremoni apalagi event semata. Tapi CSR harus dapat diukur, berdampak nyata bagi masyarakat, dan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat-nya.
Menebar kebaikan lalu pergi. Selesai. Tanpa dipantau bahkan ditindaklanjuti. CSR sekecil apapun, apalagi yang besar harus didasari komitmen, konsistensi, dan berkelanjutan. Sehingga ada dampak positif dari kepedulian sosial yang diberikan. CSR bukan hanya seremoni apalagi event semata. Tapi CSR harus dapat diukur, berdampak nyata bagi masyarakat, dan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat-nya.
Terima kasih tak terhingga kepada CHUBB
LIFE, AJ TUGU MANDIRI, & P-DPLK yang telah menjadi SPONSOR CSR KORPORASI
Tahun 2019 TBM Lentera Pustaka. Berkat partisipasi dan sinergi mereka,
aktivitas meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah serta
edukasi literasi keuangan di TBM Lentera Pustaka berjalan lancar hingga Mei
2019 ini. Insya Allah sampai Desember 2019 nanti.
Karena faktanya hari ini. Akibat CSR
Korporasi di TBM Lentera Pustaka telah berhasil mengukri catatan kemajuan
sebagai berikut:
- - Ada 62 anak pembaca aktif saat ini, padahal sebelumnya mereka tidak memiliki akses buku bacaan karena memang tidak ada taman bacaan.
- Rata-rata per anak mampu membaca 5-10 buku per minggu, sebuah tradisi baca yang luar biasa untuk ukuran anak-anak kampung yang selama ini tidak punya kebiasaan membaca.
- Koleksi buku mencapai 3.300 buku bacaan yang membuat anak-anak semangat membaca dan mau datang ke taman bacaan.
- Jam baca 3 kali seminggu sudah menjadi kebiasaan anak-anak kampung untuk membaca pada tiap Rabu-Jumat-Minggu, sambil belajar memahami isi bacaan.
- Selalu ada “event bulanan” dengan menghadirkan “tamu dari luar” untuk berbagi pengetahuan, motivasi atau keterampilan sekaligus menjadi ajang “pesta jajanan kampung gratis” untuk anak-anak yang gemar membaca di taman baca.
- Bahkan kini, TBM Lentera Pustaka telah dipilih menjadi 1) tempat riset 4 mahasiswa tentang taman bacaan, 2) aksi komunitas relawan peduli sosial dari Unindra, IPB, dan Nurul Fikri Boarding School, dan 3) menjadi narasumber acara Halo Indonesia DAAI TV bertajuk “Literasi yang Menyenangkan”.
Memang belum banyak CSR Korporasi diberikan
ke Taman Bacaan.
Namun bercermin dari CSR Korporasi yang
dilakukan Chubb Life, AJ Tugu Mandiri, dan Perkumpulan DPLK di tahun 2019
secara berkelanjutan dalam jangka setahun, terbukti mampu meningkatkan tradisi
baca anak-anak kampung usia sekolah. Sehingga mampu menekan angka putus sekolah
di wilayah tersebut. Karena CSR Korporasi mampu memberikan harapan yang lebih
baik kepada anak-anak dan masyarakat yang kurang beruntung, bahkan mungkin
tidak terperhatikan selama ini.
Taman bacaan memang
kecil lagi biasa. Tapi dampak sosial dan pendidikannya sangat besar dan luar
biasa. Teruskan ubah niat baik jadi aksi nyata …
Sekali lagi, terima kasih kepada
Sponsor CSR Korporasi Tahun 2019 TBM Lentera Pustaka. Semoga menjadi ladang
amal bagi korporasi Anda dan mejandi berkah yang melimpah, amiin. CSR jangan
hit and run …
Kami menyebutnya
"SINERGI UNTUK MEMBAIKKAN ANAK-ANAK USIA SEKOLAH"… tabik
#TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi #CSR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar