Sabtu, 22 September 2018

TBM Lentera Pustaka Akan Menggelar "Festival Literasi Gunung Salak"

TBM Lentera Pustaka dalam rangka memperingati 1 tahun beroperasi, akan menyelenggarakan 
"Festival Literasi Gunung Salak" pada Sabtu-Minggu, 17-18 November 2018 di area TBM Lentera Pustaka Kampung Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari kaki Gunung Salak Bogor.

Festival Literasi Gunung Salak ini akan dilangsungkan selama 24 jam nonstop, muali dari pukul 19.00 WIB pada 17 November 2018 sampai dengan pukul 19.00 WIB pada 18 November 2018. Acara yang bernuansa "budaya literasi" ini bisa jadi pertama kali diselenggarakan di Indonesia yang diinisiasi taman bacaan masyarakat.

Melalui Festival Literasi Gunung Salak ini diharapkan akan tercipta budaya sadar literasi, tradisi membaca di kalangan anak-anak. Berbagai mata acara yang disajikan dalam Festival Literasi Gunung Salak TBM Lentera Pustaka ini antara lain: Renungan Literasi, Diskusi Literasi di mata Orang Kampung, Senam Literasi, Musik Literasi, Musikalisasi Literasi, Peluncuran dan Bedah Buku, Dongeng Literasi, Laboratorium Baca yang melibatkan sekitar 300 orang yang berhimpun bersama di area TBM Lentera Pustaka.

TBM Lentera Pustaka berdiri pada 5 November 2017. Saat ini memiliki 60 anak pembaca aktif yang mampu menghabiskan 8 buku per minggu. Dengan koleksi lebih dari 2.850 buku, anak-anak kampung di Desa Sukaluyu dapat membaca 3 kali seminggu (Rabu-Jumat-Minggu) dengan bimbingan 2 orang fasilitator. Saat ini TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai salah satu taman bacaan masyarakat yang kreatif dan inovatif karena mampu meningkatkan tradisi baca anak-anak usia sekolah secara signifikan. Kehadiran TBM Lentera Pustaka bertujuan untuk menekan angka putus sekolah, yang selama ini masyarakat di wilayah tersebut 81% hanya berpendidikan SD.

Untuk itu, TBM Lentera Pustaka mengajar masyarakat dan para pegiat literasi untuk ikut meramaikan kegiatan Festival Literasi Gunung Salak yang untuk kali pertama diselenggarakan ini. Bentuk partisipasi dapat dilakukan dengan ikut mengisi acara di Festival Literasi, sharing budaya literasi, atau memberikan donasi demi terselenggaranya acara yang positif bagi anak-anak dan masyarakat.
 
Festival Literasi Gunung Salak dari TBM Lentera Pustaka diharapkan mampu menjadi pestanya anak-anak pembaca buku demi tegaknya budaya literasi .... #TBMLenteraPustaka#BacaBukanMaen #BudayaLiterasi #FestivalLiterasiGunungSalak2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar