Sabtu, 02 September 2017

Kita Tahu Minat Baca Anak Indonesia Rendah. Tapi Kita Tidak Berbuat Apa-Apa.

Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" dari Central Connecticut State Univesity pada 2016 lalu, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam urusan minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). 

MINAT BACA ANAK INDONESIA RENDAH ?

Betul sekali, karena anak-anak Indonesia sebagai penerus bangsa tidak memiliki akses untuk “membaca buku yang berkualitas”. Anak-anak Indonesia tidak dekat dengan buku. Karena suplai dan distribusi buku masih sangat rendah, masih sangat langka.
Buku adalah jendela dunia, buku adalah jendela ilmu pengatahuan. Bahkan buku, adalah pemutus mata rantai kebodohan dan kemiskinan. Tapi sekali lagi sayang, anak-anak Indonesia tidak memiliki akses yang cukup untuk menyentuh lalu membaca buku.


Atas dasar, kondisi itulah, TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LENTERA PUSTAKA akan hadir dan berkomitmen untuk menjalankan  program TAMAN BACAAN bagi anak-anak dan remaja di wilayah Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Bogor (kaki Gunung Salak) yang sangat membutuhkan. Ada sekitar 540 anak-anak dan remaja yang diharapkan dapat mengikuti kegiatan ”membaca buku” secara rutin di TBM LENTERA PUSTAKA.

Tujuan TBM LENTERA PUSTAKA tidak muluk-muluk. Hanya ining menyediakan akses membaca buku-buku bermutu bagi anak-anak; di samping untuk membangun tradisi baca dan peradaban yang lebih baik.    

Kita Tahu Minat Baca Anak Indonesia Rendah. Tapi Kita Tidak Berbuat Apa-Apa.
Sungguh, tidak ada kata lain untuk menyelematkan generasi penerus bangsa di masa depan. HANYA DENGAN BUKU, AKAN TERCIPTA TRADISI MEMBACA DAN PERADABAN YANG LEBIH BAIK.

Salurkanlah kepedulian dan bantuan Anda, demi terselenggaranya TBM LENTERA PUSTAKA; baik dalam bentuk bantuan infrastruktur berupa RAK BUKU, BOX BUKU, KARPET, DLL atau DONASI untuk operasional dan honor tenaga relawan TBM LENTERA PUSTAKA.

Insya Allah, TBM LENTERA PUSTAKA akan diresmikan pada Sabtu, 28 Oktober 2017 bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda 1928.
Hubungi dan salurkan kepedulian Anda untuk ILMU DAN PENGETAHUAN anak-anak Indonesia melalui:
TBM Lentera Pustaka
Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RT 01/12
Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor
HP:  0818 194172 – 0812 8568 3535
Email: lentera.pustaka77@gmail.com

Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)
No. Rekening 028-826-1601

Kita Tahu Minat Baca Anak Indonesia Rendah. Dan kini saatnya, kita ikut serta menjadi solusi untuk mereka agar mudah mendapat akses buku melalui TBM LENTERA PUSTAKA. … Insya Allah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar